Senin, 10 Oktober 2016

Laporan Penggunaan Dana Desa ( SPJ/LPJ ) DD Th 2016

Berikut akan coba saya tuliskan sedikit artikel tentang Laporan Penggunaan Dana Desa Tahun 2016, untuk Pengaspalan Jalan dengan Shet di dusun pringamba, Desa Pringamba, kecamatan Sigaluh Banjarnegara.
karena disini saya ditunjuk sebagai sekretaris di Bidang Pembangunan. Dan tentang format pelaporan penggunaan dana harus membuat sendiri maka saya berkesimpulan untuk mencari "artikel yang telah ada, untuk saya baca, kemudian dari sumber PPIP dan Banprov yg telah saya kerjakan tempo dulu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat format  Realisasi Pekerjaan dan Penggunaan Material harian sendiri yang mungkin bisa mudah di pahami.
 Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada:
1. Kepada Allah SWT, yang telah memberikan segalanya kepada saya.
2. kepada Kedua orang Tua saya yang telah melahirkan saya, membangun saya, dan mensekolahkan saya sampai 3x universitas meskipun sampai sekarang belum 1pun universitas yg mampu meluluskan saya: D
3. kepada istri dan anak yg selalu setia mendampingi saya, meskipun sering bekerja tanpa upah, tetapi istri selalu setia kepada saya dan jarang sekali menuntut lebih ke saya: D.
4. kepada Kepala Desa dan Perangkatnya, serta masyarakat desa pringamba yang telah mempercayai saya untuk meng- amanahkan tugas yang lumayan berat ini :)
5. Kepada Bpk. Tomo, Se dan bpk zahid, St (mohon maaf bila ada kesalahan nama / title) selaku Fasilitator PPIP desa Pringamba 2013, yang telah banyak mengajarkan ilmu kepada saya.
6. kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu saya.
7 kepada pembaca budiman yang telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel saya ini.

Pada awalnya saya sempet bingung harus memulai isi laporan dari mana, akhirnya ada sedikit form resmi dari pemerintah yang harus saya isi, setelah itu saya coba pelajari dari isi peraturan tentang DD akhirnya saya membuat format seperti ini:

Laporan Penggunaan Dana Desa Tahun 2016, Pengaspalan Jalan (sheet) Desa Pringamba:

NB:
- Klik Bagian yg mau dibaca :)
-Apabila anda menggunakan gadged, sebaiknya anda gunakan uc broswer. 
- untuk mengatasi bug/ eror view pada tampilan broswer ( tulisan tidak terbaca di excel yg anda klik)  maka sebaiknya anda download terlebih terlebih dahulu tautan trsebut. 

1. Perhitungan Nilai dan Harga
2. Form. Pengadaan Barang dan jasa
3. Perjanjian Sewa Menyewa Barang
4. Tanda Terima Barang dan Jasa
5. Realisasi Pekerjaan dan Penggunaan Material harian

Meskipun isi  Realisasi Pekerjaan dan Penggunaan Material harian  ini, menurut kepala bidang pengembangan terlalu ribet, dan mungkin pada laporan DD Pringamba tidak dicantumkan, namun saya rasa isi dari  Realisasi Pekerjaan dan Penggunaan Material harian  akan sangat mudah dipahami, karena dg melihat laporan trsebut kita aksn mengetahui berapa msterial yg kita butuhkan,  uang yang harus dikeluarkan,  jumlah tenaga kerja dan alat dan lain2. Harapan saya semoga diantara pembaca yang budiman ada yang sudi menggunakan bahan materi yang telah saya buat ini, sehingga apa yang telah saya usahakan selama ini membuahkan hasil yang baik, dan bermanfaat untuk kita semua .. amin ..
"SEMOGA INDONESIA MAKIN JAYA"
menjadi negara yang baldhatun thoyibatun warobbun ghofuur.. Amien..

~ Demikian, semoga isi dari artikel ini bisa membantu memudahkan Anda dalam penyusunan laporan ~



Tidak ada komentar: